Tinjauan umum pandangan dunia teknologi komunikasi didalam kehidupan budaya

Tinjauan umum pandangan dunia teknologi komunikasi didalam kehidupan budaya
Teknologi komunikasi dewasa ini sangat berkembang pesat dalam satu dekade ini. Kita sebagai salah satu generasi muda yang memahami perkembangan teknologi seharusnya bisa membuat teknologi komunikasi menjadi sangat bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat.
Teknologi komunikasi sangat bermanfaat untuk masyarakat, sekarang masyarakat sudah tidak bersusah payah lagi dalam mengetahui apa yang terjadi di sekitar. Karena semua berita sudah tersaji di dalam televisi, radio, internet, dan handphone.
Pengaruh teknologi komunikasi dalam kehidupan berbudaya seperti dua mata pisau, di satu sisi bermanfaat di sisi lainnya merugikan. Jika kita bijak dalam menggunakan teknologi komunikasi maka teknologi ini akan bermanfaat, tetapi teknologi komunikasi bisa juga merugikan apabila orang yang menggunakannya tidak punya pola pikir yang tepat dan tidak bijaksana.

Nilai positif teknologi komunikasi di dalam kehidupan budaya.

Arya seorang mahasiswa sedang berkomunikasi dengan temannya di jepang menggunakan laptop dan piranti lunak yahoo mesenger. Coba kita bayangkan seandainya kita mengirim surat ke jepang ataupun bertelepon, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit juga waktu yang lumayan lama, teknologi tidak membatasi jarak atupun waktu. Efisiensi waktu dan dana. Ini sebuah budaya baru dalam berkomunikasi di masa saat ini.

Di tangan mahasiswa yang kreatif dan mempunyai pola pikir hebat. Teknologi komunikasi bisa di jadikan sebuah alat untuk berpromosi, dia promosikan hasil karyanya, melalui telepon maupun internet. Teknologi komunikasi juga bisa di jadikan sumber ilmu pengetahuan, karena apapun yang di cari di internet pasti ada, melalui mesin pencarian google.

Kitapun bisa mengambil contoh dari penulisan tugas ini ketika budaya yang sering ada, bahwa dosen memberikan tugas di depan kelas dan mahasiswa mencatat di buku, lalu di kerjakan dengan mencari di buku satu persatu jawaban, lalu ketika tugas selesai dan di print maka di serahkan ke dosen di depan kelas. Tetapi dengan tugas dari dosen IBD, teknologi komunikasi yang ada sekarang sungguh membuat mahasiswa memahami dan dapat menggunakan teknologi seutuhnya. Di mulai saat dosen memberikan tugas di studentsite sampai mahasiswa mengerjakannya. Semua kegiatan untuk menyelesaikan tugas ini semua menggunakan teknologi komunikasi dan mendobrak budaya pendidikan yang biasa di lakukan.

Ketika dulu saat saya masih SD untuk menanyakan sebuah tugas saja harus datang ke rumah teman yang mengetahui tugas tersebut, tetapi sekarang tidak ketika sudah duduk di bangku kuliah untuk menanyakan tugas kita bisa sms,bbm,email, dll. Kemajuan teknologi komunikasi sangat membuat segalanya mudah dan cepat.

Teknologi komunikasi juga berguna sebagai alat untuk meminimalisir bencana. Ketika dulu akan terjadi gunung meletus budaya /kebiasaan masyarakat hanya mengandalkan tanda-tanda alam. Kini dengan kemajuan teknologi komunikasi masyarakat sudah dapat mengantisipasi semua sebelum bencana datang. Dengan adanya sms peringatan bencana, berita di televisi dan radio, dan juga satelit radar.

Kehidupan berbudaya masyarakat pedesaan sekarang juga sudah di pengaruhi teknologi komunikasi, di saat dahulu masyarakat desa berjalan dari satu desa ke desa yang lain demi mendapatkan sebuah informasi mengenai harga produk pertanian yang telah mereka panen, pupuk ataupun bibit, kini nokia telah memberikan layanan pada salah satu produk handphone mereka dan di produk tersebut sudah di masukan sebuah aplikasi yang bisa memudahkan petani dalam berbagai hal. Lewat nokia lifetools petani bisa mengakses berbagai info seputar pertanian termasuk peternakan dan perikanan. Petani bisa mendapatkan harga pasar untuk barang komoditasnya sehingga memudahkan mereka dalam menjual hasil panennya.

Nilai negatif teknologi komunikasi di dalam kehidupan budaya.

Ketika teknologi komunikasi jatuh ke tangan masyarakat yang punya itikad jahat dalam menggunakan teknologi komunikasi , maka teknologi tersebut juga bisa malah menjadi hal yang jahat, sebagai contoh ketika layanan sms malah di jadikan penipuan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Mama minta pulsa yang sedang trend saat ini. Berita yang saya dapat dari beberapa sumber akhirnya pelaku penipuan tertangkap dan salah seorangnya adalah mahasiswa, sungguh ironi seorang generasi muda yang seharusnya melakukan pembelajaran kepada masyarakat, malah melakukan penipuan.

Kemudian seorang anak yang terlalu bergantung kepada teknologi komunikasi, bisa berjam-jam berada di depan PCnya untuk berchating, padahal teman sebayanya sedang bermain bola di lapangan, tetapi karena anak ini asyik berchating ria dengan temannya di dunia cyber, akhirnya dia menjauh dari kehidupan sosial di sekitarnya. Dampak soial dan budaya, kemungkinan anak ini akan di jahui oleh temannya karena dia terlalu asik dengan dunia-nya sendiri.

Kesimpulannya teknologi komunikasi menggeser sebuah budaya masyarakat, ketika ada budaya saling bertatap muka dan bertemu secara langsung, kini dengan adanya teknologi dengan satu tombol kita sudah bisa bersilatuhrahmi dengan masyratkat lainnya di manapun dan kapanpun seperti teleconference, webcam, dan teknologi komunikasi canggih lainnya. Teknologi komunikasi sangat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat, dari yang muda sampai yang tua. Teknologi komunikasi telah merubah budaya masyarakat. Masyarakat di mudahkan oleh teknologi. Masyarakat juga lebih kritis menghadapi perubahan yang ada di sekitar, semua informasi dan berita bisa di dapatkan dengan mudah hanya di dalam satu genggaman sekalipun.

Kita sebagai mahasiswa generasi penerus bangsa, seharusnya bisa menjadikan teknologi komunikasi untuk kemajuan bangsa dan Negara. Pergunakanlah teknologi komunikasi sebijaksana mungkin dan selalu menjunjung tinggi nilai budaya bangsa Indonesia.

created by. Rachmat Sunarya NPM : 15212835 kelas : 1EA28 Universitas Gunadarma

Tinggalkan komentar