Kesanku Tentang Asuransi Syariah

Kenalkan nama saya Rachmat Sunarya, saya adalah mahasiswa universitas gunadarma jurusan manajemen fakultas ekonomi. Bahan pertimbangan saya memilih gunadarma adalah karena di kampus ini ada organisasi Syariah Ekonomi Forum(SEF). Yang menurut saya sangat bagus sekali untuk meng-edukasi mahasiswa tentang perekonomian syariah.
Niat saya untuk belajar hanya satu, yaitu beribadah kepada Allah. Pengalaman saya tentang perekonomian islam berlanjut, di awali dengan MOS di universitas dan ada ajakan untuk mengikuti SEF, akhirnya saya mendaftar, waktu terus berlanjut dan akhirnya ada undangan untuk family gathering di kampus depok, ya dan akhirnya saya terus mempelajari tentang perekonomian islam. Seakan Allah terus memberikan jalan kepada saya untuk mempelajari perekonomian islam secara serius dan intens.

Semua berlanjut ketika ada seminar nasional tentang asuransi syariah yang sponsor utamanya adalah Alianz. Ada cerita unik tentang seminar ini. Ketika family gathering SEF . di situ saya dapat informasi via sms, bahwa 50 pendatang pertama di SEF gathering akan mendapatkan tiket seminar nasional gratis. Saya semangat sekali mendapatkan informasi seperti itu. Saya bepikir bahwa saya akan mendapatkan banyak ilmu yang banyak untuk acara ini. Pada tepat hari ‘H’ saya langsung bangun pagi-pagi, setelah shalat subuh saya langsung berangkat, padahal acara di mulai jam 8, tapi karena saya tinggal di bekasi dan acara ini ada kampus depok. Saya atur waktu agar saya datang lebih awal dan mendapatkan tiket seminar gratis. Dan Alhamdulillah saya absen di urutan ke-3. Pikiran saya tenang karena saya pasti akan mendapatkan tiket tersebut. Semua acara telah saya ikuti dan saya_pun pulang.

Selang beberapa minggu kemudian rekan saya yang waktu itu bertemu di acara SEF gathering memberitahu bahwa saya sudah mendapatkan sms tentang tiket seminar gratis belum, saya menjawab belum. Saya kaget dan pikir saya kenapa saya belum mendapatkan tiket itu, saya langsung menghubungi panitia SEF gathering, Akhirnya setelah perjuangan panjang saya_pun mendapatkan tiket seminar nasional tentang asuransi syariah.
Saya berterima kasih kepada SEF dan terutama kak riki bagian humas SEF yang telah memberikan saya tiket. Pengalaman saya tentang perekonomian islam berlanjut.

Ya asuransi syariah, melalui seminar yang di adakan beberapa waktu lalu saya jadi sangat dan banyak tahu tentang asuransi syariah. Sebelumnya saya tidak tahu menahu tentang suransi syariah. Ternyata perekonomian islam itu sangat luas dan sangat banyak. Kembali ke spesialisasi penulisan saya tentang asuransi syariah. Saya sangat setuju dengan sistem yang di pakai oleh alianz dan perusahaan asuransi syariah lainnya. Sangat baik sekali untuk perusahaan maupun konsumen asuransi tersebut, Semua yang di berikan alianz dalam menjual produk asuransi syariah sangat mengutungkan, dan saya sangat tertarik sekali untuk memperdalam asuransi syariah.
Asuransi syariah seharusnya bisa berkembang pesat karena asuransi syariah bebas dari hal-hal buruk yang ada di asuransi konvesional. Contoh dari keburukan asuransi konvensional adalah maysir(perjudian, spekulasi), maksiat, aniaya, gharar, haram dan riba. Definisi dari asuransi syariah adalah saling melindungi dan saling tolong menolong. Sehingga setiap dana kumpulan dari peserta juga untuk peserta. Analogi yang mudah mungkin adalah, dari peserta,oleh peserta dan untuk peserta. Jadi rekening perusahaan syariah di bedakan dengan rekening peserta. Setiap premi yang di bayarkan peserta akan di masukkan ke rekening peserta lainnya dan di kumpulkan secara kolektif dan perusahaan mendapatkan pendapatan fee dari jasa pengelolan premi tersebut. Menurut saya asuransi syariah adalah sebuah produk perekonomian islam yang sangat baik bagi umat.

Satu pertanyaan umat islam mengapa umat harus berasuransi??
Berasuransi bukanlah tindakan melawan takdir, berasuransi merupakan upaya :
• Meminimalhan resiko bila terjadi musiba di suatu masa mendatang (QS al hasyr 59:18)
• Upaya memproteksi kebutuhan financial bagi suatu pribadi dan keluarga atas suatu peristiwa (QS Al Maidah 5:9)
• Saling menolong dalam menghadapi kesulitan (QS Al Maidah 5:2)
• Ber investasi untuk masa depan (QS Al HAsyr 59:18)
Setelah kita memahami bahwa asuransi syariah sudah sangat sesuai dengan ajaran islam, adapun konsep dasar asuransi syariah :
• Premi yang di bayar milik peserta asuransi secara kolektif setelah di kurangi Fee pengolahan untuk perusahaan asuransi
• Peranan perusahaan asuransi terbatas pada peran underwriter, collector dan claim payer.
• Setiap surplus operasi atau defisit operasi merupakan tanggung jawab peserta asuransi secara kolektif

Sementara pengertian dari asuransi syariah adalah Usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang /pihak melaluiinvestasi dalam bentuk asset dan atau tabarru’ memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariat.(Fatwa Dewan Syariah NasionalNo.21/DSN-MUI/X/2001)

Asuransi syariah sangat baik untuk kebaikan umat dalam mempersiapkan masa depan keluarga dan diri sendiri. Selain itu asuransi syariah juga memberikan fasilitas kepada umat agar kita bisa saling tolong menolong dan saling melindungi.
Mari kita berasuransi syariah, agar kita bisa menjadi manusia yang berguna untuk semua.
Informasi untuk kawan-kawan semua bahwa terdapat 4 masalah ekonomi perkembangan ekonomi syariah :
1. Kurangnya akses modal
2. Kurangnya political will dari pemerintah
3. Kurangnya komitmen masyarakat
4. Kurangnya manajemen dan SDM yang mendukung ekonomi syariah

Sekali lagi mari kita berjuang untuk menjadikan perekonomian islam menjadi yang terbaik di antara sistem perekonomian lainnya. Jihad untuk ekonomi Islam… Allahuakbar. .

2 respons untuk ‘Kesanku Tentang Asuransi Syariah

Tinggalkan komentar